cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Tips Mencari ide atau Inspirasi

Bagaimana cara menemukan ide desain

Dalam menjalani pekerjaan, orang-orang pasti butuh ide, dan mencari ide bukanlah sesuatu yang mudah. Seperti cara mendapatkan ide kreatif, mencari inspirasi peluang usaha, mencari inspirasi hidup, inspirasi menulis novel, dan cara mendapatkan inspirasi menulis selalu berhadapan dengan kebuntuan. Karena itu ballaide coba memberikan beberapa Tips mencari Ide atau inspirasi yang mungkin bisa menjadi solusi bila mengalami masa yang sering kita sebut "blank".

Tips mencari Ide dan inspirasi ada 2 jenis, pertama. ide yang di stimulasi oleh ide dan inspirasi populer yang telah ada. Kedua, ide yang memang original.

Mari Sekarang kita bahas satu-satu, bersemangatlah bacanya.

Tips Mencari Ide yang pertama: SANTAI!.

Santai bukan berarti berisitrahat, tapi berusahalah untuk membuat diri kamu rileks agar mampu berpikir dengan tenang. Ide atau inspirasi bukanlah sesuatu yang sulit ditebak kehadirannya. Terkadang, ketika kita mencarinya malah tidak juga menemukannya dan terkadang pula malah sebaliknya. Karena itu cobalah untuk tetap santai, biarkan tubuh dan pikiran rehat sejenak.

Kondisi yang santai atau relax terkadang berhasil menjernihkan pikiran sehingga mendatangkan pikiran-pikiran yang menginspirasi walaupun dengan bersantai tidak menjamin ide akan datang tapi setidaknya proses menenangkan pikiran dengan bersantai adalah pilihan yang kemungkinan mendatangkan inspirasi lebih besar dari kegiatan yang lain.

Tips Mencari Ide yang Kedua: MENGAMATI.

Mengamati sesuatu terkadang menghadirkan ketertarikan atau tanda tanya, dari kegiatan mengamati tersebut, kita bisa terilhami dari jawaban-jawaban yang kita temukan karena tanda-tanda tanya yang ada.

Banyak orang yang mencari ide atau inspirasi dengan mendatangi tempat baru agar mampu mengamati hal-hal yang mungkin bisa menginspirasi. Jadi, ketika bersantai tidak mendatangkan inspirasi maka keluarlah dari tempat anda untuk melihat-melihat hal yang baru di luar sana. Watching the World.

Kalau malas keluar rumah dan terlanjur keasyikan bersantai-santai. Cobalah untuk mencari ide dan inspirasi dari dunia maya.

Situs yang membahas tentang desain grafis, bisnis, atau copywriting bisa dijadikan rujukan, telusuri artikel demi artikelnya, biasanya ide atau inspirasi yang dicari akan melintas secara tiba-tiba. Coba kulik beberapa situs di bawah ini.

Situs-situs yang patut dikunjungi untuk mencari ide dan inspirasi


Situs Desain Grafis

1. Ballaide Visual
Anggap saja ini adalah promosi, karena anda sedang berada di situs yang bersangkutan untuk mencari tips mendapatkan ide dan inspirasi. Tapi ini bukan sekedar promosi kosong, setiap promosi pasti menawarkan sesuatu, betul?. Karena itu, situs pertama yang direkomendasikan adalah ballaide.com. Dalam situs ballaide, kalian bisa mendapatkan banyak postingan yang terkait dengan desain grafis, desain website dan apps, serta trik-trik menggunakan software desain seperti photoshop, coreldraw, dan kawan-kawannya. Silahkan klik link berikut untuk melihat Kumpulan Inspirasi.

2. Envato
Situs Envato adalah salah satu situs penyedia sumberdaya desain berbayar yang cukup populer. Selain menjadi pasar perlengkapan desain juga menjadi tujuan banyak orang mencari ide kreatif. Ballaide pernah mengulasnya untuk para pencari dollar pada artikel Envato - Pasar Design Resources Yang Menguntungkan.

Kalau kamu terdaftar sebagai member, akan ada kiriman-kiriman inspirasi keren tiap minggu, bahkan tiap bulan ada sumber daya desain premium dari Envato Market (update, sekarang bernama EnvatoElement) yang dibagikan secara gratis. Silahkan mengunjunginya, kalau mau dapat link download gratis tiap bulan terlebih dahulu harus Daftar menjadi Member EnvatoElement.

3. CreativeMarket
Apa yang ada dipikiran kamu ketika membaca Creative Market. Tentu saja mengarah ke Pasar Kreatif. Ya, CreativeMarket.com

Ide segar dan Inspirasi desain

Tips Mencari Ide yang Ketiga. BERGAUL DAN BERKOMUNIKASI.

Pengatahuan adalah sumber ide dan inspirasi, untuk menambah pengetahuan sering-seringlah bergaul di lingkungan anda dan cobalah untuk berkomunikasi. bertemu banyak orang dan berkomunikasi bisa mendatangkan pengetahuan baru karena kita bukanlah makhluk yang mampu mengetahui segala hal tanpa mencarinya.

Dengan bergaul dan berkomunikasi, alur informasi atau pengetahuan bisa tertransfer hingga masuk ke pikiran kita dan dari pengetahuan baru itu kita bisa mengolahnya untuk menjadi ide atau gagasan.

Tips Mencari Ide yang Keempat: Buka Catatan.

Pencatatan adalah hal paling penting, walaupun kita memiliki kemampuan mengingat yang baik, tidak ada salahnya kita melakukan pencatatan ketika menemukan hal-hal yang mungkin menginspirasi walaupun hanya catatan-catatan kecil agar di lain waktu nanti kita bisa merangkumnya menjadi ide yang cemerlang.

Ingat, Peradaban modern yang kita jalani saat ini berkat pencatatan kaum yang lebih dulu hidup berabad-abad sebelumnya. tanpa catatan yang mereka tinggalkan, kita takkan melaju cukup pesat.

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah, menulis adalah bekerja untuk keabadian"
- Pramoedya Ananta Toer

Tips Mencari Ide yang Kelima. IMPROVISASI.

Cara ini juga bisa mendatangkan hal-hal baru, cobalah mengumpulkan banyak materi yang mungkin bisa mendukung proyek desain kita, lakukan penilaian terhadap materi tersebut dari segi kelebihan atau kekurangannya  lalu improvisasilah.

Improvisasi dalam dunia desain grafis bukanlah hal yang tabu karena ide dan gagasan adalah dunia abu-abu (grey area).

Ada banyak karya desain yang terlihat saling menyerupai namun sama sekali tidak saling mengikuti, yang terpenting kita menanamkan subtansi dalam desain kita sehingga improvisasi yang kita lakukan tidak nampak seperti penjiplakan (plagiasi), esensi dari desain kita bisa memunculkan tuduhan penjiplakan apabila kita tidak menanamkan subtansi yang jelas didalamnya karena itu berimprovisasilah di ruang subtansi bukan pada esensinya.

Tips mencari ide dan inspirasi

Ide atau gagasan merupakan rancangan yang tersusun dari hasil pemikiran. dibandingkan dengan karya hasil peniruan, ide baru pasti akan menjadi karya seni yang memiliki nilai lebih tinggi, Jadi , teruslah Mencari ide yang Inspiratif.

Itulah beberapa Tips untuk mencari ide atau inspirasi bagi teman-teman bila bingung bagaimana cara mendapatkan ide kreatif, mencari inspirasi peluang usaha, mencari inspirasi hidup, inspirasi menulis novel, atau cara mendapatkan inspirasi menulis.

***
2 comments

2 comments

  • Admin blog
    Admin blog
    8/06/2018 07:08:00 AM
    Yes, tips mencari ide paling ampuh itu ya santai. saya setuju dengan itu. ide dan inspirasi biasanya makin susah kalau di kejar-kejar... xD - Nice share!
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    5/14/2017 02:11:00 AM
    lumayan membuka pikiran untuk mencari ide, memang sulit kalau dipaksakan. thanks sharingnya tips mencari ide nya. keep it up.
    Reply