cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Konsep Rumah Gua, Sederhana Namun Tetap Mewah

Bila kamu pernah melihat Rumah bawah tanah di Indonesia. maka kamu pasti akan berpikir betapa megahnya peradaban orang dulu dalam membangun rumah. Bila kita flashback ke zaman purba, manusia menjadikan gua sebagai tempat tinggal dan berlindung di malam hari.

Mereka tidak membangun rumah namun memanfaatkan sela-sela gua untuk kebutuhan aktivitas mereka selama tinggal di dalamnya. Karena itulah disebut rumah gua.

Konsep Rumah Gua, Sederhana Namun Tetap Mewah

Sekarang konsep rumah gua menjadi perhatian banyak desainer interior, dengan sentuhan estetika dan modernisasi perkakas. Rumah gua menjadi konsep rumah yang unik dan patut dijadikan acuan rumah idaman yang masuk di list rumah impian kamu.

Konsep Rumah Gua, Sederhana Namun Tetap Mewah

Kali ini ballaide ingin menampilkan contoh-contoh desain interior rumah yang menggunakan konsep rumah gua atau rumah bawah tanah sederhana yang sejatinya adalah adaptasi dari gua-gua tempat tinggal manusia zaman dulu. Tekstur yang sederhana namun tetap mewah akan membuat kamu betah tinggal di dalamnya.

Konsep Rumah ala Rumah Flintstones


Dick Clark's Malibu 'Flintstones' Home
Rumah ala zaman purba ini disebut Rumah Flintstones yang berlokasi di Malibu, Amerika Serikat.

Bila kamu lahir sebelum tahun 90-an, Nama karakter Mr. Fred Flintstones yang hidup di zaman batu tidak akan asing kamu dengar, apalagi salah satu serial kartun paling sukses ini sudah pernah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama The Flintstone Movie (1994). Berangkat dari film ini, muncullah konsep rumah ala The Flintstones yang sebenarnya dimaksudkan tempat tinggal bergaya zaman batu.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Film The Flinstone menceritakan peradaban masyarakat zaman batu yang visioner dimana hal-hal yang kita anggap modern saat ini telah mereka implementasikan dengan peralatan ala zaman batu. Karena itu, konsep rumah gua ala the flintstone tidak akan mati gaya karena walaupun desain interior seperti dalam gua namun tetap dilengkapi dengan fasilitas masa kini.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Setiap isi dari Rumah Flintsone ini yang dibangun di Malibu, Amerika Serikat. Disesuaikan lekuknya agar fungsional dan mengganti peran furniture. Interior rumah the flintstone secara keseluruhan dibuat bertekstur dan hanya di isi dengan furniture dari kayu.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Desain ruang makan diberi sentuhan alas atau tatakan dari kulit dan diletakkan di atas meja makan yang terbuat dari batu agar kesan zaman dulu semakin kuat.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Untuk desain interior ruang dapur, rumah berkonsep gua ini diberi sentuhan batu marmer agar memberi estetika berikut dengan lubang-lubang besar pada dinding membuat nuansa rumah dalam gua ini sangat terasa.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Bagaimana dengan dekorasi ruang tidur pada rumah gua ini?, cukup modern dan mewah namun tidak menghilangkan kesan rumah gua. Tambahan bulu-bulu pada bantal dan tempat tidur menciptakan nuansa yang adem.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah
konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Kamar mandi sangat penting dalam sebuah rumah, tapi bentuk kamar mandi dalam gua belum pernah ditemukan, mungkin karena kebiasan manusia pada saat itu tidak terlalu memikirkan privasi ketika buang air. Namun pada Rumah Flintstone ini, Kamar mandinya yang terlihat sederhana namun sebenarnya sangat mewah dengan adanya fasilitas bath-up. Bentuk cerminnya juga cukup unik dengan lengkungan-lengkungan yang sangat artistik.

konsep rumah gua dan rumah bawah tanah

Bangunan Rumah ala The Flintstones ini sebenarnya resort mewah milik Dirk Clark. Meski ukuran rumah berkonsep gua ini tidak begitu besar dan sederhana namun berfasilitas mewah serta modern, bila segala perabotnya dikeluarkan, mungkin kamu hanya akan merasakan sedang berada di rumah bawah tanah sederhana. Ruangannya pun sangat terbatas hanya memiliki satu tempat tidur, ruang makan dan ruang keluarga, serta dua kamar mandi. Rumah ini telah dijual

Hal yang menjadikan resort ini cukup istimewah adalah lokasi lingkungannya seluas 20 hektar sangat indah, landscape-nya pun dibuat agar mendukung nuansa zaman batu. Biaya pembangunan rumah gua berkonsep rumah zaman batu ini telah dijual oleh pemiliknya dan telah berpindah tangan dengan harga 1,778 juta dollar US dan cukup dikenal sebagai representasi Rumah Flintstones.

Bila ingin mencoba membangun rumah yang menggunakan konsep rumah gua atau rumah bawah tanah sederhana, berikut ini bisa jadi inspirasi kamu dalam menentukan gaya arsitektur bangunganmu.

Inspirasi Interior Rumah Gua ala Rumah Bawah Tanah Sederhana.
Post a Comment

Post a Comment