cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ

Mengenal Jenis dan Tipe Logo Dalam Dunia Desain Grafis


Logo adalah sebuah kekuatan yang terlihat dari sebuah produk atau brand, seberapa kuat identitas sebuah produk yang tertanam dalam logo akan mempengaruhi persepsi konsumen. Karena itu logo sebaiknya tidak dibuat dengan seadanya walaupun da banyak logo yang secara grafis tampak sederhana namun sangat kuat dalam mencitrakan sebuah brand, itu karena adanya proses akulturasi serta pemilihan bentuk logo yang benar. Agar tidak memilih logo yang tidak tepat atau mendesain logo dengan benar bagi kalian yang ingin menjadi logo desainer. ada baiknya kalian mengetahui Tipe-tipe logo dalam desain grafis, mengenal bentuk logo dan seperti apa jenis logo yang cocok untuk mencitrakan sebuah brand.

Bicara seputar logo, tentu sebagian besar dari kita sudah banyak yang mengetahuinya. Yang mana logo adalah sebuah gambar atau sekedar bentuk sketsa yang memiliki arti tertentu, baik itu mewakili sebuah organisasi, perusahaan, individu, usaha usaha kecil, dll.

Mengenal Jenis dan Tipe Logo yang Harus Diketahui Dalam Dunia Desain Grafis.

Dalam kata lain logo berguna untuk menggantikan sebuah Nama tertentu, agar lebih mudah untuk diingat, sebut saja Logo sebuah perusahaan, sudah sering kita melihat logo logo yang mewakili sebuah perusahaan sukses. Dan logo tersebut juga tak luput dari filosofi perusahaan itu sendiri, ciri khas, dan keunikan. Sehingga kita bisa mengingat perusahaan tersebut dengan mudah.

Sebuah logo ini juga sering tidak luput dari campur tangan seorang Desain Grafis Handal. Tujuannya agar logo terlihat lebih paten, profesional, enak dipandang mata. Namun tahukah anda dalam Desain Grafis itu jenis logo itu ada bermacam macam,

Berikut 6 Jenis Logo yang sering digunakan Dalam Dunia Desain Grafis.

1. Logo Word Mark (Teks)

Kata kunci adalah representasi grafis standar dari nama perusahaan, institusi, atau nama produk yang digunakan untuk tujuan identifikasi dan pencitraan merek. Kata kunci biasanya merupakan tipografi tipikal yang khas seperti yang dapat ditemukan pada identitas grafis FedEx, Google, dan Wikipedia.

Jenis logo Word Mark ini merupakan logo yang menggunakan teks langsung sebagai tanda pengenalnya, teks yang dijadikan logo, dapat berupa singkatan , atau nama dari organisasi/ Perusahaan Langsung.

Beberapa contoh perusahaan besar yang menggunakan desain logo tipe wordmark, salah satunya adalah Google.

jenis desain logo tipe wordmark google

Contoh lain dari desain logo tipe wordmark yang sering kita lihat adalah Logo visa dan dan logo paypal.

jenis desain logo tipe wordmark visa
jenis desain logo tipe wordmark paypal


2. Logo Pictorial (Simbol Dan Teks)

Jenis Logo Pictorial yang satu ini pada dasarnya menggunakan gambar/ simbol tanpa menggunakan teks. Dibutuhkuan keunikan dan profesional dalam pembuatannya dimana tidak hanya sekedar gambar, tetapi memiliki makna yang erat dengan organisasi.

Sebagai contoh seperti logo logo perusahaan ternama (Windows, Apple, Android, Shell, dll)
NB : Namun biasanya juga dalam jenis Logo Pictorial ini biasanya dibuat tidak hanya menggunakan simbol sebagai unsur utama, tetapi menggunakan teks sebagai unsur pendukung.
Sebagai contoh bisa kita melihat Logo Merek ternama (PUMA)

3. Logo Abstrak & Letter Mark (Gambar Abstrak dan Teks)

Jenis logo Abstrak ini juga menggunakan bentuk atau shape abstrak sebagai dasar, dan menggunakan Teks sebagai pendukung.

NB : Untuk membedakan Logo Abstrak dengan Logo Pictorial (nomor 2) ketahui hal dibawah ini :

Logo Pictorial = Gambar/Simbol dan Teks.
Logo Abstrak = Gambar /shape Abstrak dan Teks.

Sebagai contoh Logo Abstrak bisa dilihat dibawah ini

4. Logo Letter Mark (Shape dan Huruf)

Jenis Logo Letter Mark ini merupakan sebuah logo yang menggunakan Huruf atau Inisial sebagai dasarnya dan memiliki shape atau gambar berbentuk lain sebagai pendukungnya.

Logo seperti ini juga tak jarang kita jumpai seperti Contoh Logo logo dibawah ini yang sudah tidak asing lagi bagi kita.

5. Logo Emblem (Shape, Simbol dan Teks)

Jenis Logo Emblem ini pada dasarnya memiliki sebuah objek atau elemen yang kemudian didalamnya berisi sebuah simbol atau teks. Biasanya logo logo seperti ini banyak digunakan di beberapa Organisasi seperti pada dunia pendidikan indonesia (Emblem Osis). Dan juga organisasi Olahraga Sepakbola (Logo Tim / Club)

Sebagai contoh logo logo dibawah ini yang sudah tidak asing lagi bagi kita.

6. Logo Character (Karakter)

Jenis Logo Character ini adalah sebuah logo yang biasanya memiliki gambar karakter mahluk hidup atau tokoh karakter lain sebagai unsur utamanya. Dan bisa diikuti dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya.

Biasanya Logo jenis ini mudah dikenali dan diingat, karena faktor logo yang cukup unik dan berkesan lucu.

Seperti contoh Logo Perusahaan (WWF, KFC, DreamWorks, Monks, Prost, Michelin)
Related Posts
Ballaide
Temukan inspirasi dan tutorial tentang keterampilan baru dalam desain grafis serta aset, sumber daya, dan produk digital terbaru yang Anda butuhkan untuk memenangkan Kreatifitas!
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Sticky