cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Karya Seniman Indonesia yang Melegenda

Banyak sekali karya seniman Indonesia yang telah mendunia. Baik sejak zaman dahulu maupun masa kini, terdapat karya ciptaan para seniman yang berdarah Indonesia yang telah diakui keindahannya. Bukan hanya sekedar memiliki unsur estetika, tetapi karya seni tersebut juga sarat akan makna. Karenanya, tidak bisa terlepas dari suatu kisah tertentu yang melingkupinya.

Lalu, apa saja karya seniman Indonesia itu? Pada bagian berikutnya Anda akan menemukan jawabannya secara lengkap.

Daftar Karya Seniman Indonesia

Langsung saja, berikut akan diuraikan mengenai daftar karya seniman Indonesia dengan keunikan serta kisah dibaliknya.

1. Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh Sjarif Boestaman (1807-1880)

Karya Seniman Indonesia

Sejak bersekolah pada sekolah rakyat pada masa itu, Raden Saleh telah mempunyai keahlian yang menonjol sebagai seorang pelukis besar yang terkemuka, hingga mampu menonjolkan karya seniman Indonesia yang membuat kagum banyak orang. Hal tersebut membuatnya berhasil mendapatkan berbagai penghargaan sejak usianya masih belia. Mulanya, ia mempelajari teknik-teknik melukis dari seorang pelukis yang berdarah Belgia. Hingga akhirnya, karena ketekunannya, ia mampu melukis dengan menggunakan berbagai media, termasuk juga menggunakan cat minyak.

Dalam mencari objek, Raden Saleh seringkali terjun langsung ke lapangan untuk mengamati. Mulai tahun 1829, Raden Saleh belajar di Belanda dengan sekaligus mendalami metode pelukisan hewan dengan sifat agresif manusia dan kehidupan satwa yang berada di padang pasir sebagai inspirasi yang muncul ketika ia tinggal pada Aljazair.

Setelah semua proses yang dialaminya, Raden Saleh menciptakan sebuah seni rupa dua dimensi berupa lukisan, yang berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro. Melalui lukisan ini, ia ingin menunjukkan manakala dirinya sama sekali tidak menyukai kegiatan penindasan, karena ia percaya terhadap idealism kebebasan serta kemerdekaan. 

Dengan karya seniman Indonesia Raden Saleh ini, mampu meraih berbagai penghargaan bergengsi dalam ranah nasional sampai mancanegara. Hasil karya seniman Indonesia ciptaan Raden Saleh pun mampu menembus museum besar, misalnya Louvre Paris dan Rijksmuseum Belanda.

2. Karya Seni Aliran Mooi Indie Abdullah Suriosubroto (1878-1941)

Karya Seniman Indonesia

Karya seniman Indonesia yang juga telah menyabet berbagai penghargaan adalah karya Abdullah Suriosubroto. Ia merupakan anak angkat Dr. Wahidin Sudirohusodo yang lahir di Semarang tahun 1878. Ia pun terkenal sebagai pelukis Indonesia pertama yang ada pada abad ke-20.

Awalnya, Abdullah Suriosubroto mengikuti jejak sang ayah dengan masuk dalam sekolah kedokteran yang berada di Jakarta. Kemudian, usai lulus dari sekolah kedokteran, ia memutuskan untuk meneruskan kuliahnya di Belanda. Yang mana setelah ia menetap di eropa, tanpa ada rencana, ia justru melakukan banting stir ke bidang seni lukis dengan masuk ke dalam sekolah seni rupa. 

Karena keputusannya ini, setelah kembalinya ke Indonesia, ia tetap konsisten menekuni profesinya sebagai seorang pelukis. Berdasarkan kecintaannya pada alam, ia sering melukis pemandangan yang penuh unsur estetika.

Melalui karya seniman Indonesia ciptaannya, ia termasuk dalam aliran Mooi Indie yang dapat diartikan sebagai Hindia Indah. Abdullah juga terkenal sebagai seorang pelukis yang mengamati objek dari jarak jauh, tetapi mampu menuangkannya dengan indah. 

Ia banyak menghabiskan waktu di Bandung supaya bisa lebih dekat dengan pemandangan alam. Karya seniman Indonesia, seni lukis ciptaan Abdullah Suriosubroto, seperti Pemandangan di Djawa Tengah, Scenery, dan Hamparan Sawah. 

3. Karya Seni Bergaya Ekspresionisme Affandi Koesoema (1907-1990)

Karya Seniman Indonesia

Affandi merupakan seorang pelukis yang telah menghasilkan berbagai karya seniman Indonesia dengan teknik melukis yang tergolong aneh. Sebab, ia tidak memerlukan kuas untuk melukis. Mulanya, ia akan menumpahkan berbagai car berwarna dalam permukaan kanvas. Memang terlihat tidak tertata, tetapi setelah ia melakukan penyikatan terhadap warna-warna tersebut, sekaligus proses finishing, akan dijumpai hasil lukisan yang penuh keindahan.

Karena gaya ekspresionisme serta romantisme dalam lukisannya, membuat Affandi terkenal hingga ke ranah dunia. Pada tahun 1950, ia sering mengadakan berbagai pameran seni lukis, seperti di Amerika Serikat, India, Eropa, dan Inggris. Semasa hidupnya, ia telah berhasil menghasilkan lebih dari 2000 karya. Selain itu, ia pun dikenal sebagai seorang yang rendah hati dan sederhana.

Pada suatu ketika, sempat ada orang dari Barat yang menanyakan mengenai aliran apa yang dianut dalam karya seniman Indonesia ciptaan Affandi. Akan tetapi, ia justru membalikkan pertanyaan dengan meminta orang tersebut sebagai kritisi lukisan untuk menjelaskannya. Kebijaksanaan dari Timur, Menggendong Cucu Pertama, serta lukisan berjudul Dia Datang, Menunggu, dan Pergi, merupakan karya seniman Indonesia Affandi Koesoema.

4. Karya Seni Teater Tanah Air Jose Rizal Manua

Karya Seniman Indonesia

Jose Rizal Manua adalah seorang seniman sekaligus pujangga kondang. Karyanya telah mendunia. Para penggemar teater pasti sudah tidak asing dengan karya seniman Indonesia satu ini. Lahir pada tahun 1954, ia tidak pernah berhenti untuk terus menghias dunia seni tanah air. Ia juga merintis sebuah teater anak-anak yang diberi nama Teater Tanah Air. Benar, teater ini mampu mengharumkan nama tanah air Indonesia.

Pada tahun 2006, maestro seni teater Jose Rizal Manua dengan karya seniman Indonesia ciptaannya mampu meraih juara pertama dalam Festival Teater Anak-Anak Internasional yang diselenggarakan di Jerman. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa karya seniman Indonesia berkualitas dunia dan layak untuk diberi penghargaan internasional.

Selain aktif dalam dunia teater, ia pun turut berkontribusi sebagai pengisi suara serta pemain dalam beberapa film Indonesia. Misalnya, Asmara Dua Diana, Oeroeg, dan Fiksi.

5. Kreasi Tari Kuda-kuda Bagong Kussudiardjo

Karya Seniman Indonesia

Lahir pada tahun yang sama dengan saat terjadinya Sumpah Pemuda di Indonesia, Bagong Kussudiardjo menjadi sosok seniman terkemuka. Karya-karya seniman Indonesia ciptaannya telah mampu membuat orang kagum. Pekerjaannya sebagai koreografer, pelukis, penari, dan aktor membuatnya tidak bisa terlepas dari dunia seni. Karena kecintaannya dengan dunia seni sedemikian rupa, mampu menjadikannya menghasilkan banyak karya seniman Indonesia terbaik.

Anda pasti sudah tidak asing dengan beberapa koreografi tarian yang diciptakan Bagong Kussudiardjo. Misalnya, Tari Kuda-Kuda yang tercipta tahun 1953 oleh Bagong bersana Kuswadji. Hingga saat ini, karya seniman Indonesia tersebut tetap melekat pada hati masyarakat. 

Kemudian, ada tari Guruh Gemuruh sejak tahun 2002 ciptannya. Selain mempunyai ciri khas tersendiri, karya dari seniman bidang seni tari satu ini sarat akan makna. Oleh karenanya, saat menarikannya, terdapat kesan tidak hanya menari, tetapi juga memahami makna di balik setiap gerakan yang ada.

6. Karya Seniman Indonesia Ciptaan Basuki Abdullah (1915-1993)

Karya Seniman Indonesia

Lahir di Surakarta pada tanggal 25 Januari 1915, pelukis yang berasal dari Indonesia, Basuki Abdullah, pernah diangkat untuk menjadi seorang pelukis Istana Kerajaan Thailand sekitar tahun 1960 dan kemudian diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka tahun 1974. Karya seniman Indonesia ciptaannya sebagian besar menggunakan aliran realisme dan naturalisme.

Basuki Abdullah memiliki minat yang tinggi terhadap dunia seni lukis berangkat dari jiwa seni yang dimiliki ayahnya, yakni Abdullah Suriosubroto, yang merupakan pelukis terkemuka juga di Indonesia. Yang juga menarik, ia pernah berhasil memenangkan sayembara lukisan Ratu Yuliana yang diadakan di Amsterdam dengan mengalahkan 87 pelukis kaliber internasional. 

Hal tersebut membuktikan bahwa karya seniman Indonesia mempunyai kualitas dunia. Bukan hanya di Indonesia, tetapi ia pun sempat menyelenggarakan pameran tunggal di Thailand, Malaysia, Jepang, dan Inggris.

7. Kreasi Tarian Didik Nini Thowok

Karya Seniman Indonesia

Barangkali, Anda sudah tidak asing dengan sosok satu ini. Benar, Didik Nini Thowok, seorang penari yang melintasi gender. Dalam artian, ia tidak mempermasalahkan gender dalam berkarya hingga menghasilkan karya seniman Indonesia terbaik. Ketika kecil, Didik sering mendapat cibiran serta ejekan dari teman-temannya karena ia tumbuh menjadi bocah kecil yang kemayu.

Akan tetapi, karakteristiknya tersebut justru mampu membawanya untuk menjadi sebuah seniman terbaik bangsa. Ia pandai sekali berlenggak lenggok menarikan sebuah karya seniman Indonesia dengan lemah gemulai. Kini, ketika usianya sudah tidak muda lagi, ia berhasil menciptakan ratusan tarian sebagai karya seniman Indonesia ciptannya. Daftar tarian ciptaannya, seperti Tari Jepindo, Tari Ardhanavesvara, dan masih banyak lainnya.

8. Puisi W.S. Rendra

Karya Seniman Indonesia

W.S. Rendra, seorang sastrawan terkemuka Indonesia yang telah berhasil menciptakan karya seniman Indonesia terbaik ciptaannya. Dalam setiap sajak yang dituliskannya, terdapat makna mendalam yang ingin disampaikan. Adapun karya seniman Indonesia W.S. Rendra, seperti Ballada Orang-Orang Tercinta, Doa Untuk Cucu, Pacar Seorang Seniman, dan masih banyak lainnya.

9. Lagu Romantis Hingga Religius Penyanyi Legendaris Chrisye

Karya Seniman Indonesia

Chrisye merupakan musisi legenda Indonesia. Ia telah menghasilkan banyak karya seniman Indonesia di bidang musik. Yang juga menarik, terdapat makna mendalam pada setiap lagu ciptaannya. Jika Anda termasuk dalam penggemar musik, pasti sudah tidak asing dengan karya-karya musisi terkemuka Chrisye.

Daftar karya seniman Indonesia Chrisye, diantaranya Pergilah Kasih, andai Aku Bisa, dan Kala Cinta Menggoda. Meskipun sudah diciptakan sejak awal tahun 2000 an, tetapi karya-karyanya masih melekat di hati masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak sedikit pula yang mempopulerkannya kembali dengan mengcover lagu-lagu ciptaan Chrisye.

10. Karya Lukis Agus Djaja (1913-1994) Sebagai Pendiri Persagi

Karya Seniman Indonesia

Agus Djaja merupakan seorang seniman yang terlahir dari keluarga bangsawan Banten dengan nama asli Raden Agus Djaja Suminta. Melalui latar belakangnya sedemikian rupa, ia bisa memperoleh pendidikan yang baik. Ia pun sempat berkenalan dengan banyak pelukis Eropa terkemuka, seperti Pablo Picasso, Salvador Dali, dan Ossip Zadkine sebagai perupa terkenal yang berasal dari Polandia.

Banyak karya seniman Indonesia ciptaan Agus Djaja yang terkenal. Yang mana setelah kembali ke Indonesia, ia mendirikan forum Persatuan Ahli Gambar Indonesia atau Persagi sebagai organisasi yang mewadahi para seniman Indonesia. Karena perannya ini, tidak mengherankan apabila Agus Djaja termasuk dalam seorang cikal bakal pencipta seni rupa Indonesia.

Pada tahun 1942-1945, ia direkomendasikan untuk menjadi Ketua Pusat Kebudayaan bagian seni rupa oleh Soekarno. Yang menarik, Agus Djaja bukan hanya menjadi seorang pelukis terkemuka, tetapi ia pun aktif dalam masa revolusi kemerdekaan sebagai intel sekaligus F.P untuk melakukan persiapan lapangan. Karena kesibukannya ini, ia sempat absen tidak mengadakan pameran secara tunggal selama 40 tahun.

Usai revolusi kemerdekaan Indonesia, Agus Djaja kembali mengadakan pameran tunggal karya seniman Indonesia, yang tidak lain adalah goresan karya ciptaannya sendiri. Ia mengadakan pameran ini pada tahun 1976 di Taman Ismail Marzuki. Terdapat lebih dari 7 lukisan yang dipajang dengan menggunakan warna biru dan merah sebagai sorotan, sehingga mampu memberikan nuansa magis. Selain itu, ia pun tidak jarang menuangkan objek wayang ke dalam setiap karya ciptaannya.

Semoga artikel Karya Seniman Indonesia yang Melegenda ini bisa menjadi referensi tambahan untuk wawasan seni kalian.

Ikuti informasi mengenai desain grafis dari ballaide di Google News.

1 comment

1 comment

  • bu endah
    bu endah
    10/14/2021 04:58:00 PM
    bangganyaa.
    Reply