cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Mengenal Apa Itu Aspek Rasio dan Penggunaannya

Semua media layar atau screen memiliki aspek rasio masing-masing yang ditekankan dalam setiap spesifikasi. Apakah sudah Mengenal Apa itu Aspek Rasio?. Sudah tahu cara mengetahui dan menghitung aspek rasio?. Agar tidak salah dalam penggunaannya, mari kita pelajari bersama.

Aspek Rasio (Aspect Ratio) adalah komposisi perbandingan antara tinggi dan lebar sebuah objek. Nilai aspek rasio digunakan sebagai patokan yang nilainya tidak mengikat karena pengaturannya di relevansikan dengan media yang (akan) digunakan.

Contohnya seperti layar 800*600 px dan 640*480 adalah ukuran yang berbeda namun sama dalam hal penggunaan aspek rasio 4:3. Begitu juga dengan objek gambar ukuran 1920*1080 px dan 1280*720 px aspek rationya sama 16:9.

aspect ratio multimedia

Aspek Rasio sebuah file multimedia sangat menentukan kualitas tampilan desain grafis pada media output. Penentuan Aspek rasio yang tepat akan menghasilkan visual yang baik dan bisa memuaskan orang-orang yang melihatnya.

Seperti halnya saat kalian menonton di Bioskop layar lebar, iMax aspect ratio memberi pengalaman berbeda dibanding menontonnya dengan aspect ratio yang berbeda. Kali ini ballaide akan memberi ulasan untuk mengenal Apa itu Aspek Rasio dan penggunaannya agar tepat guna dalam dunia multimedia.

Apa Itu Aspek Rasio

Mengenal apa itu Aspek Rasio (aspect ratio) bagi videographer ataupun cinemagrapher sangat penting. Penentuan Aspek rasio bisa menjadi hal yang mempengaruhi pemilihan peralatan yang akan digunakan dalam proses pengambilan gambar.

Apa itu pengaruhnya?, tahan dulu, ballaide akan secara rinci menjelaskannya pada poin setelah pengenalan awal ini tentang Apa itu Aspek Rasio.

apa itu aspek rasio dan cara mengetahuinya

Aspek rasio adalah rasio antara lebar dan tinggi frame sebuah gambar/video. Aspek rasio adalah perbandingan proporsi ruang pada gambar yang menentukan batasan lebar (width) serta tinggi (height) frame sehingga menciptakan ukuran gambar yang seimbang.

Dalam hal penampilannya secara visual pada media output seperti televisi, layar lebar, monitor komputer, atau media lainnya yang bisa menjadi tempat menampilkan gambar/video.

Apa itu Aspek ratio

Ukuran Aspek rasio bukanlah dimensi gambar/video tapi penyelarasan rasio gambar agar tepat guna ketika ditampilkan. Penulisan Aspek ratio biasanya berupa angka perbandingan tanpa atribut satuan seperti rasio aspek 2:3, ada juga ukuran rasio 4:5 sementara yang sering kita temui dan cukup populer digunakan pada saat ini yaitu 4:3 dan 16:9.

Perkembangan Aspek Rasio

Apakah jenis-jenis aspek rasio hanya 4:3 dan 16:9?, Jawabannya, Tidak. ada banyak jenis-jenis atau ukuran aspek rasio yang berlaku pada perangkat multimedia, hanya saja memang aspek rasio yang paling sering digunakan saat ini adalah kedua aspek rasio 16:9 dan 4:3.

aspect ratio setting

Ukuran-ukuran aspek rasio akan ballaide jelaskan kemudian di bagian lain postingan ini. Berikutnya, mari lanjut membahas terlebih dahulu penggunaan aspek rasio yang benar untuk proyek multimedia yang akan dikerjakan.

Cara Menghitung Aspek Rasio

mungkin ada yang sering bertanya, ukuran rasio 3:4 berapa pixel atau bagaimana menghitung ukuran 16:9 dalam cm?. konversi ukuran ratio ke unit satuan pixel atau centimeter atau juga inchi sebenarnya di tentukan dari nilai lebar atau tinggi media yang akan dihitung. Jadi, lebar atau tingginya harus menjadi patokan yang diketahui.

Contoh cara menghitung aspek rasio 4:3 dalam pixel

Bila diketahui ukuran lebar dari sebuah media atau layar adalah 720 piksel maka untuk mengetahui perbandingan ukuran rasio 4:3 dengan cara:

  • 4 = 720
  • 3 = ?
  • 3 = (720:4) * 3
  • 3 = 180 * 3
  • 3 = 540
Mengenal apa itu aspek ratio

Jadi ukuran 4:3 dalam pixel bila lebarnya 720 adalah 720 x 540

Pemilihan Aspek rasio dan penggunaannya.

Perbedaan Aspek rasio dengan dimensi adalah terletak pada area piksel yang tercover. Dimensi sangat erat dengan resolusi yang tampil, sementara aspect ratio tidak mempengaruhi tampilan.

apa itu aspek ratio dan penggunaannya

Seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan serta ragam metode dalam menampilkan gambar video atau film, Aspek ratio pun ikut beradaptasi. Karenanya, wajib bagi kita untuk mengetahui apa itu aspek rasio agar tidak salah dalam memilih perangkat yang tepat.

Artikel ini adalah bagian keilmuan yang akan terus di-update. Silahkan memberi tambahan pada kolom komentar untuk diketahui bersama.

Pengaturan Aspek Rasio sangat penting dalam proses produksi berbagai jenis multimedia, terutama untuk pembuatan film atau sebagai tampilan thumbnail media sosial masa kini. Beberapa di antaranya memiliki aspek rasio yang pakem.

Aspek Rasio Layar

Aspek Rasio layar umumnya dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori berdasarkan penggunaan perangkat atau platform. Berikut adalah pengelompokan rasio layar ke dalam kategori-kategori medianya:

Layar Ponsel:

  • Rasio Layar 18:9
  • Rasio Layar 20:9

Layar Laptop/Monitor Komputer:

  • Rasio Layar 16:9
  • Rasio Layar 16:10
  • Rasio Layar 21:9
  • Rasio Layar 3:2
  • Rasio Layar 19:10

Layar TV:

  • Rasio Layar 16:9
  • Rasio Layar 21:9

Media Sosial:

  • Rasio Layar 1:1
  • Rasio Layar 4:5

Pengelompokan ini didasarkan pada penggunaan yang umum dari rasio layar tersebut dalam konteks tertentu. Misalnya, rasio layar 18:9 dan 20:9 lebih umum digunakan pada ponsel cerdas, sedangkan rasio layar 16:9 adalah standar umum untuk TV dan monitor komputer, dan rasio 1:1 dan 4:5 biasanya digunakan pada media sosial seperti Instagram.

Beberapa rasio layar dapat digunakan dalam berbagai konteks tergantung pada preferensi pengguna dan kebutuhan spesifik.

Sampai disini, semoga sudah mengerti dan mengenal apa itu aspek rasio serta penggunaannya. Materi ini bisa di share dan silahkan digunakan sewajarnya.

Ikuti wawasan desain lainnya dari ballaide di Google News
Post a Comment

Post a Comment