cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Apa Perbedaan CV dan Resume Dalam Surat Lamaran Kerja

Saat melamar pekerjaan, kita diharuskan melampirkan Resume dan Curriculum Vitae (CV). Terkadang kita bertanya seperti apa itu resume dan CV?. Apa perbedaan resume dan Curriculum Vitae?. Contoh resume dan CV yang baik seperti apa?.

Postingan kali ini Ballaide akan memberi penjelasan singkat tentang pengertian resume dan CV agar kalian mengetahui secara jelas Apa Perbedaan CV dan Resume ketika Melamar Kerja.

Apa Perbedaan CV dan Resume

CV dan Resume adalah dua lembar aplikasi/pengajuan tertulis yang serupa tapi tak sama. CV dan Resume memiliki keterkaitan yang saling mendukung walaupun pada dasarnya memiliki isi yang menjelaskan hal yang sama untuk memenuhi kebutuhan verifikasi perusahaan tentang siapa si pelamar kerja tersebut. Keduanya akan dipadankan antara CV dan Resume, karena itulah aplikasi CV dan resume tidak boleh dipertukarkan atau saling mewakilkan.

Apa Itu Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV;curriculum vitæ) secara etimologi adalah kata tunggal genitif yang merupakan ekspresi bahasa latin dari "perjalanan dalam hidupku" . Kata Curriculum vitae menurut wikipedia, saat ini telah dianggap sebagai kata serapan asing dan ketika kalian diminta melampirkan CV maka itu di artikan sebagai Daftar Riwayat Hidup.
Saat melamar pekerjaan, Curriculum vitae diajukan dalam rangkap berbeda atau tersendiri oleh pelamar dan berisi keterangan panjang dan detil. Seringkali pihak (perusahaan) yang akan menerima pelamar adalah mereka yang memiliki track-record ter-otoritasi yang sesuai dengan structure-design perusahaan itu sendiri. Karena itu, di setiap lowongan kerja, terkadang CV pelamar tidak jauh berbeda dengan CV pelamar lain karena faktor kualifikasi

Contoh Isi Curriculum Vitae.

Perbedaan CV dan Resume Lamaran Kerja

Isi Curriculum Vitae harus dijelaskan secara komprehensif dan berbasis kredensial (terotoritasi). Seperti Jenjang pendidikan, Karya ilmiah, Program Sertifikasi (kursus), Pengalaman formal dan non-formal (skill), serta afiliasi (pergaulan) baik itu yang profesional ataupun tidak.

Apa Itu Resume Lamaran Kerja

Pengertian Resume adalah penjelasan yang dirangkum secara singkat dan jelas, biasanya berisi tentang data diri yang tidak terjabarkan secara lengkap.
Penjelasan Resume di atas menjadi titik perbedaannya dengan CV dimana isinya lebih panjang dan detail. Resume di beberapa negara Eropa dan Amerika serta Kanada merangkap di Surat lamaran kerja yang secara umum menjelaskan tentang data kandidat yang dibumbui keterampilan serta prestasi yang menonjol. Sementara di beberapa negara Asia, Resume seringkali disebut Biodata.

Rekomendasi: Tutorial Cara Membuat CV untuk Pemula yang ingin melamar pekerjaan.

Contoh Isi Resume Lamaran Kerja.

Perbedaan CV dan Resume Lamaran Kerja

Resume berbeda dengan CV karena lembaran resume hanya berisi Identitas diri secara singkat. Pengalaman kerja dan juga bahasa pencitraan yang menonjolkan kemampuan pribadi yang dianggap menjadi nilai lebih.

Saat bekerja menjadi tenaga marketing nanti, pastikan kamu telah paham cara membuat brosur dan pamflet di InDesign. bookmark dulu.

Agar tidak salah menyiapkan aplikasi data diri, kalian harus tahu Apa Perbedaan CV dan Resume Dalam Melamar Kerja. Aktualisasikan diri kalian sesuai pada tempatnya. Selamat membuat lamaran pekerjaan, Semoga beruntung!.
Ingin memiliki CV dan Resume menarik tapi tidak paham desain?, Kami Ballaide Visual memiliki sumberdaya desainer yang mampu memberi jasa desain menarik, elegan serta tepat sasaran sesuai kebutuhan anda. Kabari kami di LAYANAN BALLAIDE.
Post a Comment

Post a Comment