cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Apa Saja Pekerjaan Seorang Desainer Grafis?

 Ada banyak sekali bidang pekerjaan di dunia ini. Salah satunya adalah desain grafis. Jika kamu  memiliki background pendidikan Graphic Designer, kamu pastinya tak asing lagi dengan bidang kerja yang satu ini. Sebagian besar orang juga pastinya telah mengenal apa itu desain grafis. 

Namun, tak semua orang memahami pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang desainer grafis. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai pekerjaan desainer grafis. Berikut ulasannya :

Pekerjaan Desainer Grafis

Pekerjaan Seorang Desain Grafis Secara Umum

Secara umum ada beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan oleh seorang desainer grafis. Contohnya,

 

1. Membuat Ilustrasi

Pekerjaan Desain Grafis
instagram.com/dionmbd

Pekerjaan seorang desainer grafis yang pertama adalah membuat ilustrasi. Di zaman yang serba modern dan segala hal telah beralih ke arah digital ini, peran ilustrasi visual menjadi semakin penting. 

Kebanyakan orang akan merasa tertarik menggunakan sebuah produk/jasa lantaran tertarik dengan ilustrasi iklan yang ditampilkan. Nah, membuat ilustrasi ini adalah salah satu pekerjaan seorang desainer grafis. 

Dalam memuat sebuah ilustrasi iklan yang menarik untuk tujuan promosi. Selain diperlukan kelihaian menggambar menggunakan beberapa software desain seperti Corel atau Photoshop. Seorang desainer grafis juga harus mampu menciptakan sebuah konsep yang unik dan menarik agar ilustrasi yang dibuatnya semakin menarik perhatian. Terlebih perhatian para calon konsumen.

2. Editing Gambar

Pekerjaan seorang desain grafis yang kedua adalah mengedit gambar yang berupa foto atau ilustrasi agar sesuai dengan apa yang diinginkan klien. Kemampuan editing ini sangatlah penting bagi seorang desainer grafis lho.

3. Membuat Gambar Bergerak / Animasi

Pekerjaan seorang desainer grafis yang kedua adalah membuat animasi. Berbagai karakter terkenal di game atau kartun TV dibuat oleh seorang animator. Nah, skill pembuatan gambar / ilustrasi animasi ini juga termasuk salah satu bidang desain.

4. Memberi Saran dan Masukan pada Klien

Pekerjaan seorang desainer grafis yang selanjutnya adalah memberikan saran dan masukan pada klien. Bisanya seorang desainer grafis akan diminta oleh klien untuk membuatkan rancangan sesuatu. Nah, dalam proses pembuatannya ini seorang desainer grafis harus mampu menemukan konsep, merancangnya menjadi sebuah desain jadi dan menyerahkannya pada klien.

Guna mendukung kondisi yang optimal, maka seorang desainer grafis harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan klien. Ia harus tahu desain apa yang paling diinginkan oleh klien.

Nah, itulah beberapa pekerjaan seorang desain grafis. Pekerjaan tersebut tentunya sangat tergantung pada bidang kerja yang ditekuni oleh seorang desainer grafis. Contohnya, seorang desainer grafis yang bekerja di perusahaan game tentunya akan memiliki pekerjaan yang berbeda dengan desainer grafis di perusahaan Advertising.

Walaupun begitu, mereka tetap menekuni bidang yang sama yaitu desain dan memiliki peran untuk merancang sebuah desain.

Prospek Kerja Seorang Desain Grafis 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa zaman sudah berubah ke ranah digital. Hal itu juga turut memengaruhi prospek kerja desain grafis. Ada banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang desainer grafis. Contohnya, adalah sebagai berikut : 

1. Ilustrator

Salah satu bidang kerja desain grafis yang sangat diminati adalah menjadi seorang Ilustrator. Seorang ilustrator bertugas untuk membuat sebuah ilustrasi. Baik untuk kepentingan iklan, buku, ataupun poster.

Prospek Pekerjaan Desainer Grafis

Tujuan dari pembuatan ilustrasi ini sendiri adalah untuk menyampaikan komunikasi dalam bentuk visual sehingga lebih mampu menarik perhatian masyarakat. Seperti beberapa ilustrasi sampul novel populer yang menggunakan hasil karya illustrator Indonesia.

2. Interior Desain 

Pekerjaan desainer grafis yang bisa kamu tekuni selanjutnya adalah menjadi seorang interior desain. Pekerjaan desainer grafis yang satu ini sangat cocok untukmu yang juga tertarik dan memiliki basic di bidang arsitektur.

Prospek Pekerjaan Desainer Grafis

Selain harus mampu menciptakan desain ruangan yang memiliki nilai fungsional dan sesuai kebutuhan. Seorang interior desainer juga dituntut untuk membuat ruangan tersebut menarik dari segi estetika. Kesalahan dalam membuat desain interior ruangan dapat membuat ruangan tersebut tak akan bisa digunakan secara maksimal. Oleh karena itu, seorang Interior desain harus mampu memperkirakan secara cermat dan tepat tentang konsep sebuah ruangan.

3. Fashion Desainer / Desain Mode

Jika poin nomor 2 di atas merupakan gabungan antara pekerjaan desainer grafis dan arsitektur. Maka, poin nomor 3 ini merupakan gabungan antara desain dan juga bidang tata busana. 

Prospek Pekerjaan Desainer Grafis

Menjadi seorang Fashion Designer adalah impian banyak orang. Dengan menjadi seorang desainer mode maka kamu harus mampu membuat desain busana yang menarik, unik, serta fungsional. Artinya, selain mengutamakan keindahannya kamu juga harus mampu membuat sebuah rancangan pakaian yang membuat pemakainya nyaman.

Jika rancangan yang kamu buat sukses dan bisa menarik banyak perhatian orang, kamu juga bisa menggelar fashion show lho sebagai ajang peragaan busana ciptaanmu sendiri.

4. Product Designer

Prospek pekerjaan desainer grafis

Pekerjaan desainer grafis selanjutnya yang bisa kamu tekuni adalah menjadi seorang product designer. Peran seorang product designer sangatlah penting dan pengaplikasiannya pun banyak kita lihat di berbagai produk yang sering kita temui.

Prosoek pekerjaan desainer grafis

Pekerjaan produk desain tidak hanya pada kemasan visual / gambar sebuah produk saja melainkan juga bentuk produk tersebut. Selain menonjolkan sisi unik dan menarik, rancangan kemasan produk tersebut harus fungsional dan memudahkan konsumen untuk menggunakannya. 

5. Komikus

Seiring dengan populernya komik online atau yang biasa kita sebut sebagai Webtoon. Maka, komikus juga menjadi salah satu bidang pekerjaan yang banyak diminati. Menjadi seorang komikus tidak hanya dibutuhkan skill menggambar yang baik. Namun, juga diperlukan imajinasi yang tinggi guna menghasilkan sebuah cerita yang unik dan menarik yang mampu menarik perhatian para pembaca.

Prospek pekerjaan desainer grafis

Ada berbagai jenis genre yang bisa kamu buat, contohnya romance, action atau komedi. Kamu juga bisa memadukan ketiganya lho. Kamu bisa membuat seri cerita panjang atau sekedar per episode alias banyak bahasan.

Prospek pekerjaan desainer grafis

Salah satu contoh komik terkenal di Indonesia sendiri adalah TahiLalat dan juga Pasutri Gaje.

6. UI/UX Desainer

Apa itu UI / UX Desainer? UI / UX desainer adalah seseorang yang bertugas untuk merancang user interface atau tampilan muka sebuah aplikasi atau website.

Prospek pekerjaan desainer grafis

Seorang UI / UX desainer harus mampu merancang tampilan website / aplikasi sebaik mungkin dan mudah dimengerti / user friendly. Hal ini sangat penting agar memudahkan para pengunjung untuk bisa menjelajah semua menu dan kategori yang ada pada aplikasi atau website tersebut.

Biasanya seorang UI / U Designer akan bekerja dalam tim. 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa prospek kerja seorang desainer grafis. Jadi, buat kamu yang saat ini sedang menekuni pendidikan seputar desain, kamu nggak perlu khawatir karena ada banyak bidang pekerjaan desainer grafis yang tersedia untukmu. Kesempatanmu terbuka dengan lebar. Kamu bisa memilih salah satu di antara pekerjaan tersebut yang paling sesuai dengan minat dan skill yang kamu miliki.

Semoga bermanfaat ya...


Post a Comment

Post a Comment