cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ

Fungsi Desain Grafis Dalam Berbagai Sektor Pekerjaan

Dalam berbagai sektor pekerjaan, desain adalah salah satu hal yang memiliki fungsi yang sangat vital. Selain untuk merepresentasikan bentuk dan rancangan sebuah produk. Desain sangatlah penting guna menghasilkan sebuah gambar visual yang berfungsi untuk menarik perhatian masyarakat agar membeli atau menggunakan sebuah produk / jasa (fungsi promosi).

Fungsi Desain Grafis bisa mengarah pada penyebarluasan informasi (Fungsi Edukasi dan Informasi), atau juga untuk memudahkan para konsumen untuk menggunakan sebuah produk (Fungsional).

Tanpa sebuah desain yang baik, maka sebuah produk / Jasa / tayangan apa pun itu tak akan mampu menarik perhatian masyarakat secara luas. Oleh karena itu, desain grafis banyak diterapkan dalam berbagai jenis sektor pekerjaan.

FUNGSI DESAIN GRAFIS DALAM BERBAGAI SEKTOR PEKERJAAN

FUNGSI DESAIN GRAFIS DALAM BERBAGAI SEKTOR PEKERJAAN

Nah, berikut ini kita akan membahas fungsi desain grafis yang ada dalam berbagai sektor pekerjaan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini :

1. Sektor Periklanan / Advertising

Fungsi desain grafis yang akan kita bahas pertama adalah di sektor periklanan. Seorang desainer grafis sangatlah dibutuhkan di sini dan memiliki peran yang sangat vital untuk menghasilkan sebuah iklan yang menarik dan mengundang perhatian konsumen.

Iklan ini pastinya sering kamu jumpai di berbagai poster, baliho ataupun tayangan TV. Apa yang pertama kali terbesit di benakmu ketika melihat iklan tersebut?.

Lalu, mengapa kamu masih saja membaca / melihat tayangan iklan tersebut meskipun kamu tahu bahwa itu hanyalah promosi sebuah produk?.

Itu karena kamu merasa tertarik dengan visual iklan tersebut. Iklan yang ada di poster atau media cetak telah di desain sedemikian rupa agar mampu menarik perhatian banyak orang. Bisa melalui dengan desain unik dan kreatif, model yang rupawan sehingga membuat mata setiap orang sulit untuk berpaling serta konsepnya yang anti maenstream.

Atau juga iklan di TV yang unik seperti iklan Djarum 76  atau iklan Axiss. Ikan tersebut tentunya mampu membuatmu betah melihatnya. Hal tersebut tentunya tak luput dari jasa seorang desainer grafis.

Bayangkan saja, tanpa seorang designer grafis yang mengubah konten teks iklan menjadi desain visual. Tayangan iklan hanya akan berwujud teks atau ucapan saja. Dan hal ini tentunya kurang menarik perhatian.

2. Sektor Game

Fungsi desainer grafis pun tak luput dari sektor game. Berbagai macam hero yang menjadi karakter sebuah game merupakan ilustrasi yang dibuat oleh seorang desainer grafis. Tanpa penciptaan karakter game yang kuat, maka kamu pasti juga akan merasa malas untuk memainkan game tersebut, kan?

Selain pada penciptaan karakter, seorang desain grafis yang bekerja dalam sektor game juga bertugas untuk membuat background atau tampilan latar belakang game tersebut. Contohnya, gambar wilayah peperangan, rumah dan lain sebagainya. Bahkan, UI Designer juga bertanggung jawab dalam merancang user interface game tersebut agar para gamers bisa memainkannya dengan mudah lantaran navigasinya sederhana tapi berguna.

3. Sektor percetakan

Seorang desainer grafis juga berperan sangat penting dalam sektor percetakan. Ia bertugas untuk membuatkan sampul sebuah buku, merancang layout buku agar sesuai dengan fungsi dan tujuannya dan juga mengedit isi buku tersebut dengan menambahkan ilustrasi yang berguna dan juga melakukan format teks agar bisa terbaca dengan mudah.

4. Sektor Website

Fungsi desain grafis pada sektor website juga sangat penting. Sama seperti di sektor gaming, maka seorang desainer garfis berperan untuk membuat sebuah desain web yang user friendly alias mudah digunakan, menarik dan juga mudah ditentukan oleh para pengunjungnya.

Di berbagai website yang mendapatkan penghasilan dari Adsense. Maka, penentuan tata letak iklan di halaman sangat penting guna menjaga kenyamanan pengunjung.

5. Di Production House

Production house atau tempat pembuatan film dan video pastinya sangat membutuhkan jasa seorang desainer grafis untuk mengedit beberapa bagian klip / film yang membutuhkan penambahan efek visual.

Hal ini pastinya sudah sering kamu jumpai dalam berbagai film fantasy berupa beberapa penambahan efek CGI yang mampu memuat sebuah adegan tampak sangat nyata.

6. Sektor Perusahaan lain / Industri

Fungsi desain grafis juga sangatlah vital di banyak sekali perusahaan di berbagai sektor industri. Hampir setiap perusahaan memiliki seorang desainer grafis. Contohnya:

a. Perusahaan konveksi

Desainer grafis juga dibutuhkan dalam perusahaan konveksi. Salah satunya adalah perusahaan konveksi jersey costum yang proses percetakan kainnya menggunakan mesin print.

Seorang desainer grafis diperlukan guna membuat rancangan jersey sesuai dengan keinginan klien baik dari segi bentuk, gambar ataupun warnanya. Tanpa seorang desainer grafis maka rancangan produk tersebut tak akan bisa dibuat.

b. Restoran

Restoran juga pastinya membutuhkan jasa seorang desainer grafis untuk mendesainkan menu makanan, promo, stiker atau juga untuk mengelola web dan juga sosial media. Dengan adanya desain yang dibuat oleh desainer grafis maka para pengunjung akan lebih tertarik lagi karena melihat konten visual yang ditampilkan.

c. Hotel

Hotel pastinya juga memiliki bagian desain. Fungsi desainer grafis di hotel ini hampir sama seperti fungsi desainer grafis di sebuah restoran. Ialah yang merancang berbagai desain promo, spanduk ataupun stiker yang digunakan untuk memberi informasi pada para pengunjung ataupun untuk menarik perhatian calon pengunjung.

d. Perusahaan manufaktur

Dalam perusahaan manufaktur, fungsi seorang desainer grafis lebih kompleks lagi. Ia bertanggung jawab terhadap rupa / kemasan sebuah produk, ia juga yang akan mengatur berbagai rancangan desain lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

7. Sektor Pariwisata

Fungsi desain grafis juga sangat penting di sektor yang satu ini. Dengan desain poster atau desain visual promosi yang baik maka hal tersebut akan sangat berguna untuk menarik perhatian para wisatawan agar berkunjung ke tempat wisata tersebut.

8. Sektor Arsitektur / Bangunan

Desain grafis juga memiliki fungsi yang penting dalam sektor yang satu ini. Terlebih untuk membuat rancangan 2D sebuah bangunan yang akan dibangun. Hal ini sangat penting guna merepresentasikan wujud bangunan tersebut nantinya. Selain itu, hal ini sangat penting guna merencanakan fitur bangunan tersebut agar nantinya tak terjadi kesalahan dalam proses pembuatannya yang bisa membuat bangunan tersebut tak dapat berfungsi maksimal sebagai mana mestinya nanti.

9. Sektor Animasi

Yang selanjutnya adalah dalam sektor hiburan berupa animasi, fungsi desainer grafis sangat diperlukan guna menghasilkan tampilan karakter visual animasi yang mampu menarik perhatian penonton.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa fungsi desain grafis di berbagai sektor pekerjaan. Selain beberapa contoh di atas tentunya masih ada lebih banyak lagi pengaplikasian desain grafis ini di sektor lainnya contoh di sektor perbankan, pendidikan ataupun lainnya.

Setiap sektor tersebut membutuhkan desain grafis untuk membuat sebuah konten visual yang mampu menggambarkan secara singkat apa yang ingin mereka sampaikan, atau untuk merancang desain tampilan fisik sebuah produk.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. artikel fungsi desain ini sangat menginspirasi dan bagus. terutama tentang topik desain ini yang memang susah kalo tidak punya imajinasi. terimakasih sudah berbagi. salam sukses dari matob .

    ReplyDelete

Post a Comment

Sticky