cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Apa itu Grafis?

Ballaide. Mengenal apa itu Grafis. Sebelumnya telah dibahas tentang apa itu desain grafis. Karena terdiri dari dua suku kata yang berbeda desain dan grafis, jadi pembahasan kali ini yakni Mengenal Apa Itu Grafis beserta pengertiannya, termasuk apa yang membedakan grafis dan desain grafis.

apa itu grafis

Apa itu Grafis

Grafis sering digeneralkan sebagai sebuah gambar atau bentuk informasi non-verbal dengan istilah komunikasi visual. Padahal, komunikasi visual adalah bentuk bahasa non verbal yang dihasilkan dari grafis.

Grafis sering dikaitkan dengan seni grafis atau desain grafis walaupun tidak sepenuhnya grafis itu terkait dengan seni dan desain.

Related: Apa itu desain grafis

Grafis secara umum adalah sebuah kata sifat yang menerangkan suku kata lain yang mengikutinya, jadi ketika kita mengatakan Desain Grafis, maka itu bisa di artikan sebagai sebuah proses dalam membentuk sebuah pola berbasis grafis. Nah, lalu, apa itu Grafis?.

Pengertian Grafis

Pengertian Grafis adalah sebuah koordinat-koordinat berbentuk titik yang bila saling berhubungan di sebuah permukaan media bisa menimbulkan bentuk. Grafis bisa juga dimaksudkan sebagai sebuah presentasi yang mengandung persepsi dirinya sendiri secara visual. Seperti gambar, Line Art, foto, grafik, peta, diagram, simbol, angka, desain geometris, gambar teknik, tipografi, dan lain-lain. Semuanya dibentuk dari grafis yang kemudian menghasilkan bentuk yang memiliki arti tersendiri dengan tujuan menyampaikan informasi secara visual.

Makanya desain komunikasi visual disebut juga desain grafis. Jadi jelas pemahaman itu harus diluruskan karena grafis dan desain grafis itu tidak bermakna sama.

Perbedaan Grafis dan Desain Grafis

Grafis adalah bagian-bagian yang harus dipola agar menghasilkan bentuk. Sementara desain grafis adalah bagaimana usaha yang dilakukan agar pola grafis itu bisa menghasilkan bentuk yang fungsional dan efektif mempresentasikan dirinya secara visual tanpa bantuan verbal.

Manusia pada zaman purba juga sudah mengenal fungsi grafis, mereka sering menyimpan jejak informasi melalui rangkaian visual yang informatif, entah itu untuk diri mereka sendiri atau sebagai informasi untuk komunitas lain yang ada pada masa itu. Setiap grafis yang mereka tinggalkan selalu memiliki makna dan syarat akan informasi.

Pada masa sekarang pun seperti itu, bahkan semakin berfungsi secara nilai sebagai salah satu bagian penting dalam menyampaikan informasi. Terang saja dengan nilai fungsi yang penting itu, para ahli yang paham mengolah grafis (desainer grafis) pun mulai dicari-cari dan tidak lagi dipandang sebagai profesi 'kelas dua' karena kebutuhan orang-orang akan visual grafis juga semakin tinggi sementara pengerjaannya butuh tenaga yang ahli. bukan sekedar tahu edit gambar pakai filter bawaan.

Bagaimana, sudah paham dengan Apa itu grafis dan pengertiannya ?. kalau sudah paham, kamu sudah bisa mengerti apa yang dimaksud dengan desain grafis atau seni grafis. karena desain dan seni hampir memiliki tujuan yang sama yaitu menyampaikan sesuatu secara visual dengan efektif dan menarik. Semoga bermanfaat dan menjadi pembelajaran. (+ballaide)

Post a Comment

Post a Comment