cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Software Pemrograman Website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer Pemula

Sebelum mengawali belajar membuat website dan aplikasi dari "Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer" untuk pemula. Kita harus paham dulu apa yang akan dikerjakan pada software itu.

Aplikasi Bahasa Pemograman adalah aplikasi atau Software yang digunakan untuk menulis segala kerangka website atau aplikasi yang nantinya akan berubah menjadi kode-kode perintah yang membentuk website atau aplikasi itu sendiri.

Software yang dibutuhkan untuk pemrograman website dan aplikasi sangat beragam namun hanya dari bentuk interfacenya, secara garis besar semuanya hampir sama.

Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer

Secara garis besar, software pemrograman yang dibutuhkan untuk membangun website atau aplikasi adalah software bahasa C atau yang mendukung bahasa pemrograman. Untuk itu ada baiknya kamu mengetahui dan mengenal bahasa pemrograman. Bisa baca di artikel lain dalam situs ini mengenai bahasa pemrograman dan seperti apa.

Sekarang mari kita lanjut ke inti pembahasan, semoga bisa membantu dan menjadi pintu awal bagi kalian untuk merambah lebih banyak ilmu aplikasi bahasa pemrograman di waktu-waktu berikutnya.

Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer

Software-software berikut ini saling berkaitan satu sama lain dalam membangun website dan aplikasi, walaupun tidak berasal dari vendor yang sama tapi sangat membantu para desainer pemrograman untuk menentukan bentuk dan tampilan website dalam bahasa pemrograman.

Software membuat LocalHost - Temporary Server (Server sementara)

1. XAMPP

Software ini ballaide sebutkan paling pertama bukan karena yang terbaik atau satu-satunya tapi karena interfacenya paling sederhana dan bisa dipelajari secara komperehensif bagi programmer pemula. Cara membuat localhost dengan XAMPP banyak tersedia di ruang maya, artikel dan videonya di-share oleh banyak orang sehingga memungkinkan kalian yang baru belajar cara membuat web dengan XAMPP dengan mudah mencari pengetahuan dan memperkecil kemungkinan tersesat. Software XAMPP dikembangkan oleh Apache Friends.

Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer

Software ini cukup kaya dengan sumberdaya yang dimiliki, mendukung banyak sistem operasi pemrograman website dan aplikasi. XAMPP adalah modul atau perangkat lunak yang menggabungkan empat aplikasi dalam 1 paket. Sesuai singkatan namanya, X adalah simbol software ini bisa berjalan di semua sistem operasi, A untuk Apache, M untuk MySQL, PP untuk PHP dan Perl.

Dengan XAMPP, programmer bisa membuat server yang berdiri sendiri atau LocalHost yang nantinya akan menjadi pendukung utama dalam membangun website dan aplikasi. Secara umum, bagian XAMPP yang sering digunakan:

  • Ruang penyimpanan berkas-berkas seperti berkas PHP, HTML dan script. ini adalah bagian htdoc.
  • Mengelola basis data yang ada di komputer. ini bagian phpMyAdmin.
  • untuk mengelola layanan XAMPP, memulai atau menghentikan service. bagian dari Kontrol Panel.
  • Software bahasa pemrograman ini bisa kamu donwload di situs resminya. XAMPP.

Software Text Editor bahasa pemrograman

1. Notepad+++

Kode-kode bahasa pemrograman sangat banyak dan bisa membingungkan bila kamu tidak menggunakan text editor yang tepat, apalagi bila tidak mendukung bahasa pemrograman untuk membuat website dan aplikasi.

Software Notepad++ bisa jadi pertolongan pertama bila kamu belum memiliki software ekslusif seperti Adobe Dreamweaver yang akan ballaide bahas di poin selanjutnya.

Text editor lainnya yang menyerupai Notepad++ dengan kemampuan yang hampir sama juga banyak tersedia, tinggal bagaimana kamu yang sedang belajar kode-kode bahasa pemrograman melihat sisi kenyamanan software tersebut.

Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer

Macam-macam text editor sederhana sangat banyak jadi Ballaide merangkumnya di luar halaman ini pada artikel 12 Aplikasi Text Editor Terbaik Sebagai Software Programer Pemula.

2. Adobe Dreamweaver

Software Dreamweaver adalah Software coding yang sudah IDE (Integrated Development Environment) atau dalam artian memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam membuat perangkat-perangkat lunak.

Software Dreamweaver adalah "bayi ajaib" dalam dunia pemrograman dan langsung menjadi primadona di kalangan web programmer saat diluncurkan, dibuat oleh Macromedia pada tahun 1997 ketika dunia web mulai umum digunakan.

Macromedia terus mengembangkan produk ini hingga Adobe System mangakuisi Dreamweaver pada tahun 2005 dan sejak tahun itu berubah nama menjadi Adobe Dreamweaver.

Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer

Saat ini Adobe System masih terus menyempurnakan aplikasi koding ini dan telah masuk dalam project Adobe CC. Software Trial-nya tersedia dengan full fitur, terupdate, dan GRATIS!.

Jarang ada software seperti ini yang Trial tapi fiturnya lengkap dan dapat update, kebanyakan vendor memberi produk ujicoba dengan fitur yang terbatas dan kalau mau lengkap harus beli yang full version. Masalah satu-satunya saat menggunakan Trial aplikasi coding ini adalah waktu pemakaiannya terbatas 30 Hari!. (namanya juga trial).

Silahkan dicoba, untuk versi terbaru bisa kamu liat di situs adobe Free Dreamweaver | Download Adobe Dreamweaver CC full version.

Software Desain Tampilan Website

1. Adobe Photoshop

Software Desain dan olah gambar seperti Adobe Photoshop adalah software paling populer baik di dalam atau di luar lingkup dunia desain grafis. Tools yang paling berguna dalam aplikasi ini adalah Mode Penyimpanan yang bisa berbasis web. Kalian bisa mengatur kualitas gambar yang tepat agar tidak menjadi beban loading ketika website kalian dibuka.

Kekurangannya adalah dan juga mungkin sangat disayangkan, Photoshop tidak memiliki kemampuan mengolah tipe file SVG yang berbasis vektor. Karena itu, kalian harus berpindah ke software lain bila membutuhkan sumberdaya gambar berbasis SVG.

Bila belum mengenal SVG, silahkan baca ulasan ballaide pada artikel Apa itu SVG.

2. CorelDraw.

Software desain CorelDraw sangat berbeda dengan Adobe Photoshop karena memang memiliki perbedaan pada basis data yang di olah. Photoshop berbasis bitmap, sementara Coreldraw berbasis Vektor. Ballaide tidak akan membahas itu di poin ini, karena telah kami ulas di artikel Mengenal Perbedaan Vektor dan Bitmap.

Yang penting dari Aplikasi CorelDraw dalam membangun website adalah kemampuannya mendistribusikan gambar SVG yang sangat berguna bagi website masa kini.

Membuat icon sendiri serta logo yang berbasis vektor web membuat software corelDraw dibutuhkan bagi Programer sebagai pelengkap bila sumberdaya gambar yang diperlukan tidak tersedia dan harus dibikin sendiri.

Software untuk membuat server sendiri sangat dibutuhkan bagi programer untuk menyimpan data awal sebelum di publish secara online sedangkan software text editor adalah aplikasi yang sangat fundamental karena segala kerangka kode-kode dibangun dari situ. Sementara, untuk Software desain dan olah foto bersifat software pendukung apabila kamu kekurangan sumberdaya gambar dan harus membuatnya sendiri.

Demikianlah artikel "Software pemrograman website dan Aplikasi Yang Dibutuhkan Programer Pemula". Jangan lupa berlangganan postingan terbaru ballaide.com via email atau ikuti media sosial kami agar lebih dekat. Bila ada yang kurang silahkan menyimpan komentar.

Post a Comment

Post a Comment