cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Cara Memulai dan Membuat Ruang Kerja di Adobe Illustrator

Saat ini kamu sedang berada di titik awal dalam mempelajari 10 Tindakan Dasar dalam Adobe Illustrator untuk Pengguna Pemula, saksikan video tutorial yang tersedia bila kurang mengerti secara tekstual, atau tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.

Sebelum memulai:
Siapkan sumberdaya pendukungnya. silahkan di unduh

Pelajaran Dasar #1: Cara Memulai dan Membuat Ruang Kerja di Adobe Illustrator

Bagaimana Cara Membuat Ruang kerja untuk materi desain di Adobe Illustrator.

Ruang kerja (workspace) adalah tempat dimana semua materi desain akan diletakkan yang selanjutnya menjadi objek editan. Ikuti Langkah-langkah membuat Ruang kerja di bawah ini:
  • Bilah menu (di bagian paling atas) menunjukkan File, Edit, dan menu lain yang memberi Anda akses ke berbagai perintah, penyesuaian, pengaturan, dan panel.
  • Panel alat (di sebelah kiri) berisi alat untuk membuat dan mengedit karya seni. Alat serupa dikelompokkan bersama. Anda dapat mengaksesnya dengan mengeklik dan memegang alat di panel Alat.
  • Panel (di sebelah kanan) termasuk Properties, Layers, dan panel lainnya yang berisi berbagai kontrol untuk bekerja dengan karya seni. Anda dapat menemukan daftar lengkap panel di bawah menu Window.
  • Jendela dokumen (di tengah) menampilkan file yang sedang Anda kerjakan. Beberapa dokumen terbuka muncul sebagai tab di jendela Dokumen.

Bagaimana Cara Memperbesar dan Menggeser Materi Desain.

Teknik zoom & Pan dalam adobe illustrator berguna untuk mengatur objek editan secara detail dan fokus. Alat ini nanti akan sangat sering kamu gunakan dalam proses desain. Langkah-langkah membuat Zoom dan Pan di Illustrator
  • Alat Zoom, yang terletak di panel Alat, dapat digunakan untuk menunjukkan kepada Anda lebih detail dokumen. Untuk mengubah dari Zoom In ke Zoom Out, tekan Alt (Windows) atau Option (macOS).
  • Alat Tangan, ditemukan dengan mengklik dan menahan alat Zoom di panel Alat, memungkinkan Anda untuk menjelajahi seluruh dokumen.

Bagaimana cara Buat dokumen baru

Bila di awal tadi ditunjukkan cara membuat workspace, pada tahap ini, bagaimana cara menampilkan dokumen baru untuk menambah materi desain yang sedang dikerjakan. Langkah-langkahnya sederhana.
  • Layar Mulai muncul ketika tidak ada dokumen yang sedang terbuka di Illustrator. Ini daftar file terbaru Anda, Pelajari konten, dan preset. Anda juga dapat mengakses berbagai sumber dan mencari Adobe Stock dari sini.
  • Pilih File> Baru. Di kotak dialog Dokumen Baru, mulailah dengan memilih preset. Misalnya, Preset cetak menunjukkan berbagai ukuran dan opsi dokumen yang dapat Anda atur untuk dokumen baru. Kotak dialog Dokumen Baru adalah tempat Anda dapat mengakses template Stok Adobe gratis dan berbayar, yang merupakan titik awal yang bagus untuk desain Anda.

Bagaimana cara Simpan pekerjaan Anda

Jelajahi berbagai metode untuk menyimpan proyek Illustrator Anda.
Langkah-langkah membuat Simpan file di Illustrator
  • Pilih File> Simpan atau File> Simpan Sebagai.
  • Menyimpan dalam format Illustrator (AI) mempertahankan lapisan, jenis, dan properti Illustrator yang dapat diedit lainnya. Yang terbaik adalah menyimpan dokumen Anda dalam format .AI saat Anda masih mengerjakannya.
  • Kotak dialog Opsi Illustrator muncul ketika Anda pertama kali memilih File> Save atau File> Save As. Kotak dialog ini menawarkan opsi lain saat menyimpan dokumen Illustrator.
  • Memilih File> Simpan Sebagai dan memilih menyimpan Adobe PDF sebagai file yang dapat dibagikan, dibuka oleh pembaca PDF gratis, dan diposting secara online.
Sekarang kamu telah selesai menampilkan Ruang kerja dan menambahkan beberapa dokumen baru untuk mendukung pekerjaan editing di illustrator. Selanjutnya, Pelajari Cara Membuat dan Mengedit Bentuk (Shapes)
Post a Comment

Post a Comment