cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ

Kampus dengan Jurusan Desain Grafis Pilihan di Indonesia

Terbuka lebarnya peluang karier bagi desainer grafis, membuat kampus dengan jurusan desain grafis menjadi buruan para calon mahasiswa baru, dan kamu mungkin salah satunya.

Namun, dilema selanjutnya adalah bagaimana cara memilih kampus dengan kualitas terbaik, untuk mendalami ilmu yang mempelajari soal cara mengoptimalkan komunikasi visual tersebut.

Tenang saja, tulisan ini akan membantumu untuk memecahkan dilema itu. Mengacu pada data dari situs resmi BAN-PT, kami telah merangkum beberapa kampus terakreditasi A untuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang merupakan jurusan yang paling berkaitan dengan ilmu desain grafis

Tidak hanya dari sisi akreditasi, kampus terbaik dalam daftar ini memiliki value tambahan yang akan menambah alasanmu untuk bisa masuk di sana sebagai mahasiswa. Tanpa bertele-tele lagi, ini dia daftar kampus dengan jurusan desain grafis terbaik tanah air.

Daftar 6 Kampus dengan Jurusan Desain Grafis Terbaik di Indonesia

Salah satu dari daftar ini tercatat dalam daftar jurusan kesenian terbaik di dunia dan bersaing dengan kampus para desainer terkenal. Kira-kira kampus apa saja? Yuk simak, ini dia 6 kampus dengan jurusan desain grafis terbaik di Indonesia saat ini:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Fakultas seni rupa dan desain ITB

Universitas pertama dalam daftar kampus dengan jurusan desain grafis terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Walau menyematkan label teknologi di namanya, kampus ‘cap gajah’ ini juga memiliki fakultas seni yang bagus.

Dilansir dari QS World University Ranking, ITB masuk ke dalam list 150 besar kampus dengan jurusan seni dan desain terbaik di seluruh dunia. Sebuah pencapaian yang sangat baik untuk jajaran kampus di tanah air. 

ITB memiliki Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), di dalamnya terdapat tiga departemen, yaitu Seni Rupa Murni, Desain, dan Sosioteknologi.  

Jika minatmu adalah mempelajari desain grafis, maka kamu dapat mengambil program studi Desain Komunikasi Visual yang ada di bawah Departemen Desain.

2. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Kampus Pilihan jurusan desain

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) bisa dibilang adalah pabriknya para seniman. Sebut saja Benny Rachmadi, Firman Lie, Iwan fals, Bimbim Slank, Vincent Rompies, Desta, Hanung Bramantyo, Fajar Bustomi dan masih banyak lagi.

Program Studi Desain Komunikasi Visual IKJ

Fakultas seni rupa IKJ bisa dibilang yang terbaik di Jakarta bahkan di seluruh Indonesia. Kampus satu ini memiliki beberapa jurusan, yaitu:

  • Jurusan Seni Rupa Murni,
  • Jurusan Kriya Seni,
  • Jurusan Desain Produk,
  • Jurusan Desain Interior, dan
  • Jurusan Desain Komunikasi Visual (desain grafis). 

Jurusan desain grafis (DKV) IKJ juga sudah terakreditasi A. Maka, tak perlu ragu lagi soal kredibilitas kampus ini untuk dapat membentukmu jadi seorang desainer grafis yang andal.

3. Universitas Trisakti

kampus dengan jurusan desain di indonesia

Kampus dengan jurusan desain grafis terbaik selanjutnya adalah Universitas Trisakti. FSRD di Trisakti bahkan membuka program pascasarjana desain sejak tahun 2009 lalu dan merupakan yang pertama untuk universitas swasta di Jakarta.

Kampus dengan jurusan desain di Indonesia
Karya Desain Rezka Pratama - DKV'2015 Trisakti

Tentu saja akreditasi untuk FSRD Trisakti adalah A, sebuah indikasi bahwa kualitas program studi dan lulusan di sana sangat baik.

Terdapat empat program studi utama di dalam fakultas seni rupa dan desain Trisakti, yaitu:

  • Program Studi Desain Produk,
  • Program Studi Desain Komunikasi Visual,
  • Program Studi Desain Interior, dan
  • Program Studi Fotografi.

4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kampus ISI Jogja | https://m.facebook.com/ISIJOGJA/posts/?ref=page_internal&mt_nav=0

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menjadi kampus dengan jurusan desain grafis terbaik selanjutnya. Bagaimana tidak? Kampus satu ini juga termasuk ke daftar 150 besar kampus dengan jurusan seni dan desain terbaik di dunia bersama ITB.

Selain itu, kampus yang terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di daerah Sewon, Bantul ini punya keunikan dari sisi historis. Dulu, sebelum berubah menjadi institut, ISI memiliki nama ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) yang merupakan perguruan tinggi seni rupa tertua di Indonesia.

ISI juga berada di lingkungan yang notabene memiliki nilai-nilai budaya yang sangat kental, Yogyakarta. Banyak event-event budaya dan seni yang akan sangat berpengaruh pada proses kreatifmu jika menjadi mahasiswa DKV di ISI Yogyakarta.

5. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Kampus dengan jurusan desain grafis

Kampus dengan jurusan desain grafis terbaik selanjutnya adalah Universitas Pelita Harapan (UPH). Universitas swasta ini mempunyai jurusan desain terakreditasi A.

Sebagai pilihan, kamu bisa memilih fokus pada beberapa jurusan, seperti:

  • jurusan desain grafis,
  • jurusan ilustrasi,
  • jurusan animasi, dan
  • jurusan sinematografi.

UPH juga menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung untuk memaksimalkan proses belajar mengajar, seperti studio lukis, lab fotografi, lab komputer, dan masih banyak lagi. 

Kalau kamu berencana menjadi desainer grafis dan bersedia kuliah di universitas swasta, UPH merupakan salah satu pilihan terbaik yang dapat kamu ambil.

6. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Kampus UMN | UMN.ac.id

Terakhir, ada Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai kampus desain grafis terbaik. Sekolah  yang beralamat di Serpong, Tangerang ini memiliki program studi Desain Komunikasi Visual dengan akreditasi A. 

Pilihan fokus jurusan yang tersedia di UMN adalah:

  • Visual Brand Design, dan
  • Interaction Design.

Kedua jurusan  di atas menawarkanmu untuk benar-benar mendalami desain grafis secara fokus, dan mengantongi gelar Sarjana Desain dengan titel S.Ds.

UMN akan jadi pilihan pas, jika kamu tertarik untuk mempelajari desain grafis yang lebih modern dan visioner.

Itulah 6 kampus dengan jurusan desain grafis terbaik di Indonesia yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan studi. Tentu saja, karena menawarkan kualitas yang baik seperti itu, persaingan untuk bisa masuk dan belajar di kampus-kampus tersebut akan cukup ketat. 

Alhasil, kamu harus mempersiapkan diri agar bisa bersaing dan diterima. Mulailah mencari tahu rangkaian tes apa saja yang harus kamu tempuh untuk tembus menjadi mahasiswa di salah satu kampus terbaik di atas.

Semoga tulisan singkat ini dapat menguraikan dilema yang kamu rasakan dalam menentukan kampus untuk dijadikan tempat berlabuh. Agar proses menjadi desainer grafis yang sedang kamu mimpikan dapat menjadi kenyataan. (Pen/Alimughni11)

Ikuti informasi mengenai desain grafis dari ballaide di Google News.

Related Posts
Ballaide
Temukan inspirasi dan tutorial tentang keterampilan baru dalam desain grafis serta aset, sumber daya, dan produk digital terbaru yang Anda butuhkan untuk memenangkan Kreatifitas!
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Sticky