cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Apa itu Mock-up ? Pengertian, Kegunaan, dan Jenis Mock up.

Sebagai seorang yang (atau akan) bekarja sebagai desainer grafis profesional, harus tahu apa itu Mock-up dan apa kegunaannya. Selain nantinya akan menjadi senjata tempur untuk presentasi, Mock-up juga berguna untuk menaikkan nilai dari karya desain grafis yang telah dibuat ketika di publikasikan pada orang banyak.

Mengenal apa itu mock-up

Ada banyak jenis-jenis mockup, mulai dari T-shirt Mock-up, Logo Mock up, Web design Mockups, Advertising Mock-ups, dan lain-lain. Langsung saja, Mari kita mulai penjelasan singkat ini.

Apa itu Mock up

apa itu mockup

Mock-up dalam bahasa inggris berarti tiruan/menyerupai. Menurut beberapa pengertian, secara singkat, Mockup adalah media preview dari karya desain yang menampakkan gambaran nyata terhadap hasil dari konsep desain yang telah diolah.

Pengertian Mock up

Dalam dunia desain, Mock-up adalah sebuah Maket atau Alat presentasi untuk memperlihatkan ke orang-orang tentang bagaimana penampakan karya desain bila telah sampai ditahap akhir. - ballaide.com

Contoh Mockup sangat banyak ditemui di media-media online saat ini karena mampu menampakkan hasil grafis yang memang benar-benar terlihat menyerupai hasil akhirnya. Susunan-susunan layer pada file mockup membuat efek pandangan yang begitu hidup.

apa itu mockup

Kegunaan Mock Up

Dalam dunia desain grafis, apalagi yang berkaitan dengan percetakan dan pengiklanan. Mock-up adalah senjata utama untuk menarik perhatian audiens yang mungkin saja akan menggunakan jasa desain. Mockup yang paling umum digunakan adalah mock up apparel.

Mock-up sangat berguna untuk memperlihatkan bagaimana penampakan sebuah desain grafis bila di aplikasikan pada media tujuannya. Memamerkan mock up adalah bagian dari fase pra-cetak dimana klien bisa menilai hasil akhir dari desain yang dipesan.

kegunaan mock up

Selain Mockup untuk baju kaos, yang populer juga saat ini adalah Stationery Mock up (perlengkapan kantor) seperti kertas kop, map, dan stempel sebuah perusahaan yang bisa dikostumisasi dengan desain brand pesanan.

Kalau kamu punya ketertarikan pada desain corporate brand, kamu harus punya koleksi stationery mock up. Begitu juga dengan Mockup logo, tapi untuk desain logo, biasanya para desainer logo lebih senang menampilkan karyanya dengan cara yang flat tanpa mockup.

Jadi, Sekarang sudah tahu Apa itu Mock-up?, Intinya, Mockup itu sangat berguna bagi kalian yang bekerja dalam dunia desain. Kalau sudah tahu, saatnya untuk berujicoba menggunakannya, siapkan karya desainmu lalu aplikasikan di Mockup yang kamu punya.

Mock-up dalam bahasa inggris berarti tiruan/menyerupai. Menurut beberapa pengertian, secara singkat, Mockup adalah media preview dari karya desain yang menampakkan gambaran nyata terhadap hasil dari konsep desain yang telah diolah.

Jenis Mock up untuk Presentasi Desain

Mengenal apa itu mock-ups

Ada banyak jenis mock ups yang bersebaran di dunia internet, ballaide menyediakan beberapa sumber daya mockup untuk kalian gunakan di artikel lainnya pada blog ini, seperti:

  • T-shirt Mock up,
  • Logo Mockup,
  • Web design Mockup,
  • Advertising Mockup,
  • dan lain-lain.

Untuk penjelasan lebih detail, ballaide tampilkan pada artikel Jenis dan contoh mock up. biar artikel ini tidak terlalu panjang.

Selamat mencoba, kalian cuma butuh semangat untuk mengenalinya lebih jauh.

Jangan pernah berhenti belajar dan mencari tahu. Ide bisa muncul dimasa saja dan kapan saja, siapa tahu lagi mau belajar malah dapat ide cemerlang.

Bila bermanfaat jangan lupa dibagikan dengan menekan tombol share dibawah, kalau ada yang masih bingung tentang apa itu mockup, pengertian, kegunaan dan contohnya. Silahkan bertanya di kolom komentar.

Ikuti wawasan desain lainnya dari ballaide di Google News
Post a Comment

Post a Comment