cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Apa itu Golden Ratio dan contohnya dalam desain grafis

Apa itu Golden Ratio

Golden ratio atau rasio emas yang dalam huruf yunani disimbolkan dengan "φ". Rasio emas sendiri adalah terjemahan harfiah yang juga mendefinisikan Golden Ratio. Mungkin kalian lebih ingin mengetahui pengertian golden ratio bukan sekedar pengalihan bahasa menjadi rasio emas.

apa itu golden ratio

Walaupun artikel ini membahas tentang ratio tapi ini sama sekali tidak terkait dengan artikel Aspect ratio yang pernah ballaide bahas di postingan lain. Oleh karena itu mari kita mulai membahas Apa itu Golden Ratio dan contohnya dalam desain grafis.

Apa Itu Golden Ratio

Golden Ratio adalah sebuah kata sifat atau penyebutan yang menggambarkan rasio dari dua nilai yang memiliki kesamaan jumlah antara nilai yang kecil ke nilai yang besar. Bila bingung, silahkan liat grafis di bawah.

apa itu golden ratio

Golden Ratio atau Rasio emas memiliki beberapa sebutan seperti rata-rata emas atau bagian emas atau yang populer disebutkan oleh para ahli di zaman setelah plato adalah rasio ekstrim dan rata-rata. Adanya kata emas dari semua sebutan di atas tidak lepas dari betapa berpengaruhnya rasio itu dalam desain struktur para ahli sehingga menganggap rasio itu layaknya emas.

Terlepas dari banyaknya penyebutan mengenai rasio emas, yang paling penting diketahui adalah mengapa dan kenapa rasio itu disebut sebagai rasio emas. Karena keunikan dan menariknya Rasio emas, Angka ini bukan hanya sebuah angka yang digunakan dalam geometri tapi juga hadir di berbagai konsep arsitektur, makhluk hidup, hingga seni.

Apa itu Golden Ratio

Golden ratio adalah bilangan irasional yang nilainya mendekati angka desimal 1,618. Sebuah rasio di hubungkan ke Golden Ratio bila indikator rata-rata jumlah rasio yang ada antara angka yang besar dan angka yang kecil sama. Lalu, bagaimana keberadaan golden ratio dalam desain grafis?. Selanjutnya ballaide akan memberikan kehebatan pengaruhnya dalam seni desain beserta contohnya.

Golden Ratio Dalam Desain Grafis

Dalam Desain Grafis, Golden Ratio menunjukkan keberadaannya cukup banyak diberbagai karya digital visual, tidak berbeda jauh dengan rasio emas pada karya seni rupa ataupun arsitektur. Golden ratio dalam desain grafis juga hadir dalam memberi keseimbangan dalam komposisi estetika.

apa itu golden ratio

Beberapa logo dari perusahaan besar juga menggunakan rasio emas dalam struktur desainnya sehingga menampakkan keseimbangan yang elegan. Apa yang membuat para desainer grafis begitu senang menggunakan rasio emas, itu karena dengan rasio emas membuat besar kecil sebuah bidang nampak saling menyatu dan hingga menghasilkan presisi yang dinamis.

apa itu golden ratio dan contohnya

Lihat saja beberapa contoh rasio emas yang digunakan dalam desain logo perusahaan-perusahaan besar. Kamu mungkin selama ini menganggap logo perusahaan besar sangat sederhana namun enak dipandang, itu tidak lepas dari penanaman rasio emas pada aspek ukurannya.

Itulah postingan kali ini tentang Apa itu Golden Ratio dan contohnya dalam desain grafis. Semoga bermanfaat.

Ikuti wawasan desain lainnya dari ballaide di Google News
Post a Comment

Post a Comment