cM9vM9MirM26dfTAuyWFIhBz8OA7shffomJEZPKZ
Bookmark

Belajar Cara Membuat Poster Film yang Bagus [Teori Dasar]

Poster film adalah media pengiklanan sebuah acara atau film yang akan datang. Karena pada dasarnya poster adalah sebuah karya seni maka sering dijadikan sebagai bahan koleksi dan pajangan yang luar biasa. Jika kamu ingin Belajar Cara Membuat Poster Film yang Bagus, maka hal pertama yang kamu harus lakukan adalah menambah wawasan dengan mengindetifikasi atau mempelajari poster film yang telah ada.

Sebagai Pedoman awal, mari kita mulai Belajar langkah-langkah dasarnya,

License: Creative Commons source by: Wikivisual

CARA MEMBUAT POSTER FILM


Cara Membuat Poster Film - Langkah ke-1: Identifikasi Tema

Cobalah untuk mengidentifikasi tema poster yang menurutmu kualitas. Apa yang ada di dalam poster itu dan membuatmu merasa poster itu berhasil menarik perhatian lalu bandingkan dengan poster lain yang menurutmu biasa saja secara kualitas. Amati poster secara keseluruhan mulai dari background hingga elemen yang paling nampak di depan.

Buatlah catatan identifikasi, Gambar seperti apa yang digunakan desainer? Apa yang mereka katakan tentang genre film yang diiklankan? Suasana apa yang mereka ciptakan di poster? Poster film yang bagus dimulai dengan gambar yang luar biasa.

Selanjutnya, lihat warna yang digunakan. Apakah mereka cerah dan ceria atau gelap dan kelam? Apa dampaknya terhadap Anda?

Jika elemen grafis seperti garis atau bentuk digunakan, apa tujuannya? Apa yang mereka tambahkan ke makna poster atau suasana hatinya?, pada aspek ini, kamu sebaiknya tahu apa itu grafis agar mampu memahami nilai-nilai desain grafis.

Terakhir, lihat gaya dan ukuran font yang digunakan dalam teks. Informasi apa yang ditekankan oleh font, dan informasi apa yang diminimalkan dengan font kecil atau dikecualikan sama sekali?

Template Poster Film - Langkah ke-2: Identifikasi Elemen

Dalam poster film, semua elemen ini — gambar, warna, elemen grafik, dan font — memberi tahu Anda segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang film dan membantu membangun antisipasi dan keinginan untuk menonton film, atau menyebabkan Anda kehilangan minat sama sekali. Dan jika Anda ingin mempelajari cara membuat poster film sendiri — yang sukses, yaitu — Anda harus mengetahui bagaimana semua elemen ini bergabung untuk menceritakan kisah visual tentang film dan mendorong minat audiens yang potensial.

Software Multimedia untuk Membuat Poster Film

Untuk memulai membuat poster secara digital, kamu perlu memastikan elemen-elemen yang ingin kamu gunakan berbasis ada apa, apakah bitmap atau vektor. Kalau belum tahu perbedaannya, silahkan baca artikel lain di situs ini yang berjudul Mengenal Perbedaan Bitmap dan Vektor.

Software Desain Poster Berbasis Vektor

Bila Element poster kamu lebih banyak menggunakan grafis vektor maka ada dua software populer yang selama ini banyak digunakan oleh desainer professional namun juga mudah digunakan bagi para pemula. yaitu:
  • Adobe Illustrator, dan
  • CorelDraw

Software Desain Poster Berbasis Bitmap

Untuk saat ini ada banyak software desain berbasis Bitmap, baik untuk penggunaan di PC ataupun Smartphone. Tapi, di atas semua software itu, yang terbaik dan paling populer dalam dunia desain digital adalah:
  • Adobe Photoshop

Bagaimana bila kamu sama sekali belum mengenali tool-tool yang ada pada software desain yang disebutkan di atas. Jangan khawatir. ada banyak poster maker online yang bisa membantumu untuk menyelesaikan desain postermu. Salah satunya poster maker online yang memiliki banyak template adalah Placeit.net.

Dengan beberapa ide desain film untuk dipilih, yang perlu kamu lakukan hanya memilih desain favoritmu, Placeit memberi kemudahan dalam memilih teks dan menggunakannya ke dalam poster. Pengaturan Font, grafik, warna, dan lain-lainnya bisa kamu sesuaikan dengan ide yang kamu miliki.

Selingi dengan menonton Video Ink Splatter yang dibuat melalui Photoshop.

Sekarang mari mencoba teori dasar diatas, Belajar Cara Membuat Poster Film yang Bagus butuh aksi cepat agar pengetahuan dasar itu tidak menguap lalu menghilang. Selamat Berkreasi!
Post a Comment

Post a Comment